Monday, March 17, 2008

Aku sebagai seorang guru 1

Kalau sebelumnya aku sudah pernah menampilkan gedung sekolah tempatku bekerja,
hari ini aku akan memberikan gambaran sekilas tentang kegiatanku sehari - hari disana.
Mungkin bakalan agak panjang, atau mungkin bakal bersambung, atau mungkin tidak ada kelanjutannya sama sekali,
kita liat aja moodku ntar sambil jalan hehehe....

Setiap hari Senin - Jumat aku mengajar di dua kelas: TK A dan KB B
Untuk TK A, aku mengajar dari pk. 07.30 - 10.00 sedangkan untuk KB B dari pk. 10.30 - 12.30.
Di masing2 kelas, penghuni tetapnya ada 8 anak jadi total 16 anak (maklum sekolahnya masih baru gress jadi belum penuh).
Di awal jam pelajaran anak2 akan berdoa bersama, dipimpin oleh salah seorang temannya. (Sekolah tempatku mengajar adalah sebuah sekolah Kristen, tetapi terbuka untuk yang non-Kristiani karena ada pelajaran agama lainnya juga).
Sebelum mereka berdoa mereka akan "sit nicely" seperti foto di bawah ini:

Anak2 kelas TK A sedang sitting down nicely

Oh ya, di sekolah ini semua guru perempuan dipanggil Miss dan semua guru laki2 dipanggil Mister. Jadi panggilan resmiku di sekolah adalah Miss Vebby (sounds good, especially when anywhere else people does not call you mbak anymore but BU!!!!!).
Pada dasarnya yang kulakukan sehari-hari adalah menyanyi, bergoyang bersama, belajar huruf
a-z, berhitung 1 - 10, belajar warna, bentuk dan yang lainnya. Untuk motorik, anak2 belajar untuk memegang alat tulis dan alat makan dengan benar, meniti balok titian tanpa bantuan, melempat dan menangkap bola, dll.
Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Selain itu, anak2 juga belajar untuk mandiri, cuci tangan sendiri, ke toilet tanpa bantuan (butuh proses), makan sendiri tanpa mengotori sekitarnya, dll.

Anak2 KB B sedang makan bersama

Sejauh ini, aku sangat menikmati pekerjaanku.
Meskipun pekerjaan tampak tiada habisnya, tetap aku senang,
dan yang lebih menyenangkan lagi adalah aku belajar banyak setelah aku bergabung dengan sekolah ini.

To be Continued.....

3 comments:

Kitchen Planet said...

botol minumnya lucu-lucuu... itu yang ce rambut panjang lucu, dikepang dengan banyak pernak pernik rambut... mau donk punya anak ce, bisa didandani :D
Pasti seneng yah liat kurcaci-kurcaci bawel tiap hari...hahahha :P

a2pl3 said...

Pei... aku tag kamu udaan... kalo sempat ya...

http://a2pl3.blogspot.com/2008/03/8-things.html

Vebby Anastasia said...

iya yun, mereka hiburanku sehari-hari. kalo barang udah gak usah diomong, selalu update dan sesuai dengan favorit tiap anak masing2...tak doain anakmu cewek ;)